DIKLAT PIM IV Kab. Bone Bolango resmi ditutup Sekda, 37 peserta lulus 3 ditunda
DIKLAT PIM IV Kab. Bone Bolango resmi ditutup Sekda, 37 peserta lulus 3 ditunda

By Rahmat Jahja 24 Des 2016, 00:00:00 WIB Bidang Pengembangan
 DIKLAT PIM IV Kab. Bone Bolango resmi ditutup Sekda, 37 peserta lulus 3 ditunda

Bone Bolango – Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (DIKLAT PIM IV) Kab. Bone Bolango resmi ditutup oleh Sekretaris Daerah, Ir. H. Ishak Ntoma, M.Si, di Aula LPMP Gorontalo, Sabtu (24/12). Dalam laporannya, Kepala Bidang Diklat BKPPD Kab. Bone Bolango, Yenny Nalole menyampaikan bahwa Diklat ini diikuti oleh 40 ASN yang menduduki jabatan struktural Eselon IV definitif dan dilaksanakan oleh BKPPD Kab. Bone Bolango kerjasama dengan BKPPD Prov. Gorontalo sejak tanggal 19 September sampai dengan 24 Desember 2016 bertempat di LPMP Gorontalo. 

Setelah pelaksanaan diklat PIM IV tersebut, lanjut Yenny dari 40 peserta diperoleh hasil penilaian dengan predikat Sangat Memuaskan 5 peserta, predikat Memuaskan 23 peserta, Cukup Memuaskan 9 peserta dan Kurang Memuaskan 3 peserta. Kepada 3 peserta yang Kurang Memuaskan ditunda kelulusannya dan diberi waktu 60 hari kerja untuk memperbaiki/ melengkapi proyek perubahannya.
Kepala BKPPD Prov. Gorontalo, Dr. Sumarwoto, M.Sc dalam sambutannya menyampaikan Terima kasih kepada Pemerintah Kab. Bone Bolango telah menjalin kerjasama dengan BKPPD Prov. Gorontalo.

“Atas nama kepada BKPPD dan pemerintah Provinsi saya menyampaikan pernghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Kab. Bone Bolango yang telah menjalin kerja sama dengan BKPPD Prov. Gorontalo, tanpa kerjasama yang baik tentu kegiatan ini tidak dapat dilaksanakan secara maksimal” Kata Sumarwoto.

Beliau juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang lulus, dan memberi apresiasi yang tinggi kepada panitia karena berani menunda kelulusan 3 orang peserta. Ini berarti panitia lebih mengedepankan kualitas dari pada kuantitas sehingga ini akan berdampak pada peningkatan kualitas diklat secara keseluruhan.
“Saya memberi apresiasi yang sangat tinggi kepada panitia karena berani menunda kelulusan 3 orang peserta, karena selama ini baik itu Diklat prajab maupun Diklat PIM tingkat kelulusannya 100%, memang itu bagus jika diitinjau dari sisi kuantitas, namun jika ditinjau dari sisi kualitas seharusnya pasti ada saja yang tidak maksimal. ” Ujarnya.

Sumarwoto juga menambahkan, tantangan kita ke depan makin tinggi, mengacu pada Undang-undang ASN ada 2 yang diamanatkan yang pertama mewujudkan ASN profesional, netral dan sejahtera. Dalam mewujudkan ASN yang profesional salah satu cirinya adalah selalu meningkatkan kemampuan, Diklat ini adalah bagian dari meningkatkan kemampuan tersebut. Kemudian yang kedua adalah Merit System dalam hal kualifikasi pendidikan, ASN harus meningkatkan kualifikasi pendidikannya. Beliau juga menyinggung Kompetensi yang harus dimiliki oleh ASN diantaranya kemampuan manajerial, kemampuan sosial dan kemampuan intelektual stretejik.
Selanjutnya, Sekretaris Daerah, Ir. H. Ishak Ntoma, M.Si atas nama Pemerintah Daerah Kab. Bone Bolango berterima kasih pemerintah  provinsi khususnya BKPPD Prov. Gorontalo dan berharap semoga  kerja sama ini dapat ditingkatkan di masa yang akan datang.

Kita merasa begitu pentingnya arti Diklat ini sebab suka atau tidak suka, mau tidak mau kata Sekda, ini bagian dari pengembangan kompetensi diri, peningkatan profesional, peningkatan daya nalar, seorang PNS diperlukan daya nalarnya. Nalar adalah perpaduan antara hati nurani dan rasio otak atau perpaduan antara yang dirasakan dan yang dipikirkan. Kepada peserta, Sekda mengingatkan bahwa dalam diklat ini yang diperoleh bukan hanya peningkatan kecerdasan intelektual namun yang paling penting adalah kecerdasan emosional.
“Melalui Diklat ini tolong diingat selama sekian bulan ini sesungguhnya dirasakan oleh sanubari tidak hanya peningkatan keterampilan, kompetensi, pengetahuan yang didapat dari sini lebih dari itu peningkatan kecerdasan emosional salah satunya merasakan kebersamaan dan mudah-mudahan terbawa pada suasana kerja di SKPD masing-masing” Kata Ishak dalam arahannya.

Terkait dengan 3 peserta yang ditunda kelulusannya, beliau menegaskan ini menjadi pembelajaran bahwa diklat yang dilaksanakan ini tidak main-main sehingga kedepannya peserta tidak menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan pemerintah.
Diklat PIM IV Kab. Bone Bolango ini resmi ditutup ditandai dengan pelepasan tanda peserta dan penyerahan sertifikat kepada peserta yang diwakili oleh 10 Besar yakni:
1.    Sarini Gobel, SE
2.    Rosmiyati Abdurajak, SKM
3.    Widiawaty Mokoagow, S.Pd
4.    Ivonne Margareta Ismail, M.Si
5.    Mulyan Lukman, S.KM
6.    Sri Mulyani Lalijo, SE
7.    Vyani Kamba, S.Si,Apt,MPH
8.    Lili Yusuf, S.Sos
9.    Ramlan, SE
10.    Kartin Mabiu, SE, MM

Kepada peserta, Sekda berharap, proyek perubahan yang telah digagas dapat diimplementasikan pada SKPD masing-masing.
“Saya yakin dan percaya dapat mengimplementasikan proyek perubahan karena sungguh bagus, sederhana, mudah, cepat, murah, saya melihatnya” Tutup Sekda (BKPPD/rahmat)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat Anda tentang Pelayanan Kepegawaian di BKPPD saat ini ?
  Mengecewakan
  Buruk
  Cukup Baik
  Baik
  Sangat Baik

Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video